RSS

Rabu, 18 Juli 2018

Analogi Mata Uang

Bismillah.

Tidak ingin melewatkan gagasan dan konsep yang muncul dibenak q.
hingga meluangkan sejenak waktu untuk mampir di blog ini lagi.

Tentang nafsu, ambisi ataupun keinginan adalah hal yang tidak terpisahkan & menjadi bagian hidup kita. Di satu sisi nafsu bisa sangat liar dan disisi lain nafsu merupakan bahan bakar penggerak sebuah perubahan. Sebut saja ambisi atau nafsu sama saja.

Memisahkan antara dua hal yakni nafsu dan ambisi dalam perannya yang berbeda adalah hal yang sulit. Tidak mudah. nafsu seksual misalnya menjadi sangat destruktif jika diperturutkan begitu saja. Lain halnya dengan nafsu dan keinginan atas sebuah perubahan misalnya, ini bisa bernilai positif. Padahal nafsu tersebut tidak terpisahkan satu sama lain.

Bagaikan uang logam. 1 uang logam dengan sisi angka dan gambar. memisahkan 2 hal antara sisi angka dan sisi gambar adalah hal sia-sia dan memakan banyak tenaga. Setidaknya ini menurut saya. Karena hakikatnya sisi-sisi itu adalah 1 uang logam. Logam yang sama.

Sehingga ketika uang logam dianalogikan dengan nafsu yang memiliki sisi positif dan negatif, memisahkan kedua sisinya sangatlah melelahkan. Menerimanya sebagai 1 kesatuan adalah fitrah.

Bilamana kita bisa memenangkan battle ini?
Mempergunakan sesuai fungsinya. itu saja.


Dan ketahui 'Ambisi adalah ganjil, Kesabaran yang menggenapkannya'.


0 komentar:

Posting Komentar

Learn from the experience, learn from Great persons ever lived, Believe in God! (Qur'an is the guidance)